Rabu, 14 Maret 2012

SKILL

Kemampuan (Skill)
·        Kemampuan itu apa sih?
Di dalam kamus bahasa Indonesia, kemampuan berasal dari kata “mampu” yang  berarti kuasa (bisa, sanggup, melakukan sesuatu, dapat, berada, kaya, mempunyai harta berlebihan). Jadi, kemampuan adalah suatu kesanggupan dalam melakukan sesuatu.

·        Ada kemampuan apa aja sih?
Pada dasarnya kemampuan (skill) terbagi menjadi dua, yaitu:
-      Hard Skill: merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya.
Selama ini kebanyakan orang lebih mengenal hard skill karena kemampuan ini diajarkan mulai dari individu lahir baik disengaja maupun tidak disengaja, di lembaga pendidikan formal ataupun informal, seperti ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dll. Pembelajaran ini bisa di dapat melalui pembelajaran berupa ilmu-ilmu yang bersifat menambah wawasan.
-         Soft Skill: keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal (Dennis E. Coates, 2006).
Menurut Ramdhani (2008) Soft skill sering juga disebut keterampilan lunak adalah keterampilan yang digunakan dalam berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain.
Secara garis besar keterampilan ini dapat dikelompokkan ke dalam:
1.     Process Skills
2.     Social Skills
3.     Generic Skills


·        Soft skill apa saja yang kira-kira dibutuhkan untuk dunia kerja?
     Klasifikasi soft skill:
·        Intrapersonal Skill
·        Transforming Character
·        Transforming Beliefs
·        Change management
·        Stress management
·        Time management
·        Creative thinking processes
·        Goal setting & life purpose
·        Accelerated learning techniques
·        Interpersonal Skill
·        Communication skills
·        Relationship building
·        Motivation skills
·        Leadership skills
·        Self-marketing skills
·        Negotiation skills
·        Presentation skills
·        Public speaking skills

·        Nah, cara membedakannya gimana tuh?
      Cara membedakannya cukup mudah karena yang termasuk hard skill adalah kemampuan akademis atau keterampilan teknis seperti keuangan, komputer, kualitas, atau keterampilan perakitan, dll. Sedangkan untuk softskill kemampuan non akademis seperti integritas, motivasi, etika, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, kemauan belajar, komitmen, mendengarkan, tangguh, fleksibel, komunikasi lisan, jujur, berargumen logis, tahan banting, kompetisi, ulet, dan lainnya. Jadi intinya, hard skill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Sedangkan soft skill adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (termasuk dengan dirinya sendiri). Semua profesi membutuhkan keahlian (hard skill) tertentu akan tetapi semua profesi memerlukan soft skill.

·        Apakah soft skill dengan hard skill memiliki keterkaitan?
Jawabnya, tentu saja soft skill dengan hard skill memiliki keterkaitan yang sangat erat. Coba bayangkan jika anda adalah seorang programmer, anda sangat mengerti seluk beluk computer tetapi anda tidak memiliki motivasi dan tidak dapat berkomunikasi baik dengan orang lain. Adakah perusahaan yang mau menerima anda? Ya mungkin pada awalnya ada perusahaan yang berminat dengan kinerja anda tetapi perjuangan anda untuk mendapatkan pekerjaan akan terhenti saat interview dimana staff HRD mengajak anda berinteraksi/berkomunikasi tetapi anda tidak dapat merespon dengan baik.  Dimanapun anda ingin bekerja pasti anda dituntut untuk memiliki keseimbangan antara soft skill dengan hard skill karena jika anda hanya memiliki salah satunya anda tidak akan bisa melanjutkan pekerjaan anda dengan baik. Anda pintar, berbakat, sangat mengerti dengan teknologi tetapi anda tidak bias bekerja sama dengan tim anda, anda tidak memiliki etika yang baik, siapa yang akan tahan bekerja sama dengan anda? Anda sangat komunikatif, memiliki motivasi yang tinggi, beretika baik, namun ada tidak memiliki kemampuan teknis, perusahaan mana yang akan menerima anda? Ya dengan demikian anda harus memiliki keseimbangan soft skill dengan hard skill yang baik.


Referensi:
- http://hafismuaddab.wordpress.com/2010/02/13/pengertian-soft-skill-dan-hard-skill/ (14 Maret 2012, 23.41 WIB)

1 komentar:

  1. Maaf sehubungan dengan mata kuliah softskill silahkan dimasukkan link gunadarma http://www.gunadarma.ac.id/ di blog kalian.terimakasih.

    BalasHapus